Sabtu, 21 April 2012

Pelanggaran Hak Cipta Nama Trio Macan


NAMA TRIO MACAN DIBAJAK OLEH TIGA MACAN

Studi kasus:
Sekarang ini trio macan sedang naik daun. Pamornya semakin tinggi dari hari ke hari. Namun kesuksesan yang terjadi tidaklah sesempurna yang terlihat. Tanpa para penikmat musik sadari, ternyata grup band cewek ini pecah. Salah satu personel trio macan mengundurkan diri dan kemudian digantikan seorang personel yang baru. Walaupun sudah beberapa kali berganti formasi, trio macan tetap disukai para pecinta musik dangdut.
Hal inilah yang menyebabkan munculnya grup band tiga macan. Pada dasarnya personel trio ini berbeda dengan trio macan namun mereka memiliki konsep yang sama persis seperti trio macan. Hal ini tentu saja melanggar hak cipta yang telah dipatenkan oleh trio macan sebelumnya. Oleh karena itu kasus ini dilaporkan oleh trio macan ke pihak kepolisian. Sampai saat ini kasus tersebut masih dalam proses.

Komentar:
Pada dasarnya tidaklah mudah untuk mendaftarkan hak cipta suatu karya atau suatu barang di Indonesia. Akan ditemui beberapa proses yang akan dilalui dan memakan waktu yang lumayan lama. Mulai dari pendaftaran, penjelasan konsep hak cipta tersebut, sampai proses screening karya atau barang tersebut di Indonesia (harus tidak boleh sama). Hal inilah yang menyebabkan trio macan merasa perlu untuk mempertahankan hak ciptanya tersebut. Nama trio macan telah dipatenkan hak ciptanya di Indonesia. Dengan kemunculan tiga macan tentu saja mengundang reaksi keras menolak adanya grup band tersebut. Bukan berarti tidak boleh mereka bersaing di dunia music Indonesia namun harus diubah saja konsep atau nama tiga macan tersebut. Lebih aneh lagi, kenapa bisa lolos dari proses screening atas hak cipta tiga macan tersebut padahal jelas keduanya memiliki konsep yang sama.

Kemudian kita bisa mempertanyakan kenapa merk trio macan sangat penting untuk mereka. Berikut akan dijelaskan alasan mereka mati-matian membela nama trio macan tersebut.
1.       Sebagai tanda pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang dengan barang produksi yang dihasilkan oleh orang lain. Merk trio macan akan menjadi tanda pengenal bagi penikmat music dangdut. Wajar sekali kalau mereka sangat memperjuangkan haknya.
2.       Sebagai alat promosi. Di industri musik, promosi memegang peranan sangat penting. Dengan melihat merk trio macan, mereka akan langsung teringat akan para personil dan lagu trio macan. Kalau ada tiga macan, bisa rancu ingatan para pendengarnya.
3.       Sebagai jaminan atas mutu barang. Trio macan telah lama dikenal oleh para penggemar. Dengan menggunakan merk trio macan saja sudah bisa dilihat kualitas yang ditawarkan pada para pendengar.
4.       Menunjukkan asal barang yang ditunjukkan. Trio macan merupakan salah satu icon musik dangdut Indonesia. BIla namanya terdengar sampai ke mancanegara, mereka akan bisa tau bahwa band ini berasal dari Indonesia. Seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia bangga dan mendukung berita baik ini.

Nama tiga macan, entah mengapa bisa lolos dari perlindungan hak cipta di Indonesia. Padahal jelas-jelas mereka menyadur semua yang ada di trio macan. Badan pengelola hak cipta seharusnya tidak bisa mensahkan hak cipta tersebut karena bisa saja pemohon tiga macan beritikad tidak baik. Mungkin si pemohon ada dendam pribadi untuk trio macan. Selain itu, konsep tiga macan tidak memiliki daya pembeda dengan trio macan. Tentu ini seharusnya tidak bisa diperbolehkan. Sungguh sangat disayangkan hal ini bisa terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar